SOSIALISASI IMPLEMENTASI SEKOLAH SIAGA KEPENDUDUKAN (SSK) SMP NEGERI 14 SURAKARTA

       Pada hari Rabu, 13 Maret 2024 SMP Negeri 14 Surakarta menggelar sosialisasi implementasi sekolah siaga kependudukan (SSK). Kegiatan ini diadakan di Laboratorium IPA SMP N 14 Surakarta. Sosialisasi implementasi SSK diikuti oleh 5 sekolah dan tim SSK SMP N 14 Surakarta. Sekolah yang hadir dalam acara sosialisasi ini adalah SMP Kanisius 1 SurakartaSMP N 19 Surakarta , SMP Kristen 5 Surakarta , SMP Advent Surakarta, dan SMP Kristen Pelita Nusantara Kasih Surakarta.

(dok smpn14ska. Pembukaan Sosialisasi Implementasi Sekolah Siaga Kependudukan)

    Sosialisasi implementasi sekolah siaga kependudukan dibuka oleh Kepala SMP N 14 Surakarta, Ibu Dra.Liestyani Dhamayanti, M.Pd. Pemaparan materi sosialisasi disampaikan oleh Ibu Yani Soegianto, S.Pd. Pada materi ini disampaikan program sekolah terkait pelaksanaan sekolah siaga kependudukan. Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) adalah sekolah yang mengintegrasikan pendidikan kependudukan dan keluarga berencana ke dalam beberapa mata pelajaranDengan adanya materi kependudukan anak diharapkan mampu memahami dan memahami bahwa mereka merupakan bagian dari kependudukan.

(dok smpn14ska pemaparan sosialisasi SSK oleh pemateri)

    Implementasi Sekolah Siaga Kependudukan sebagai berikut permainan ular tangga kependudukan, siswa menjadi tidak bosan dan jenuh dalam mempelajari materi, Tugas untuk mewawancarai langsung ibu hamil dan menyusui, mengingat masih tingginya angka kematian ibu dan bayi, pojok kependudukan, memajang hasil pengolahan data siswa, leaflet-leaflet yang berisi informasi mengenai hidup sehat, kesehatan reproduksi, bebas narkoba, banner dan poster kependudukan, serta data-data kependudukan wilayah sekitar, materi mengenai kesehatan reproduksi, bahaya napza, siswa dapat lebih peduli setidaknya terhadap dirinya sendiri agar tidak terjebak dalam pergaulan bebas dan menghindarkan diri dari pernikahan usia muda, kegiatan ekstrakulikuler, even, expo,bazzar,dll. 

(dok.smpn 14 dari kiri SMP Kanisius Surakarta ( Bapak Toto Diantoro, S.Pd) , SMP N 19 Surakarta (Bapak Jaka Rusdiyanta, S.Pd.), SMP Kristen 5 Surakarta ( Ibu Susilowati Tri Handayani, S.Pd), SMP Advent Surakarta ( Ibu Martha Santi Nugraheni, S.Pd) , dan SMP Kristen Pelita Nusantara ( Ibu Pramastuti Adiar Rukmi, S.Si)

        Salah satu inovasi adalah bungah bocahku (nabung sampah ben berkah sekolahku). Bungah bocahku merupakan bank sampah di sekolah yang bertujuan untuk menampung sampah yang sudah dipilah oleh peserta didik. Bungah bocahku bekerja sama dengan bank sampah surakarta. 

(dok.smpn14ska penimbangan sampah anorganik di Bank Bungah Bocahku)
   Setelah pelaksanaan sosialisasi implementasi sekolah siaga kependudukan(SSK), diadakan penandatanganan MoU penandatangan sebagai sekolah pengimbangan dari SMP N 14 Surakarta. Penandatangan MoU ini dilakukan oleh Kepala sekolah dari SMP N 19 Surakarta, SMP Adven Surakarta, SMP Kanisius 1 Surakarta, SMP Kristen 5 Surakarta, SMP Kristen Pelita Kasih Nusantara Surakarta. 

(dok.smpn14ska MoU perjanjian  pengimbasan SSK) 

Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget