EDUKASI PERNIKAHAN DINI DI LINGKUNGAN SMP N 14 KOTA SURAKARTA

 

Di Indonesia pernikahan dini masih banyak terjadi baik di pedesaan maupun perkotaan. Inilah yang menjadikan Indonesia sebagai negara tertinggi kedua di asia dalam kasus pernikahan dini. Adanya beberapa faktor  pernikahan dibawah umur yang membuat generasi  menjadi rusak sehingga menjadikan banyaknya angka perceraian dan angka kematian. Pernikahan dini yang jika anak belum cukup umur, belum matangnya sistem reproduksi dan kematangan berfikir secara biologis, maka akan banyak menimbulkan  resiko pada pernikahan dini. Baik dari segi internal maupun eksternal yang mempengaruhi pernikahan dini terjadi.

Pernikahan dini atau biasa disebut pernikahan dibawah umur sudah terjadi dari zaman dahulu dan masih berlanjut sampai sekarang. Perubahan undang-undang yang dilakukan oleh Pemerintah diharapkan dpat menekan dalam kasus pernikahan dini .

Didalam hal ini SMPN 14 Kota Surakarta yang merupakan salah satu sekolah SSK gencar melatih para kader –kadernya senantiasa melakukan pendekatan kepada seluruh para siswa siswisupaya seluruh siswa siswi tidak terjerumus dalam pernikahan dini. Seperti yang dilakukan oleh salah satu Duta PIK R Ananda Paris dari kelas 8C, bagaimana dia membantu pihak sekolah mengupayakan penanggulangan pernikahan dini di lingkungan sekolahnya.

Kegiatan ini rutin dilakukan, dalam tempo sebulan sekali diharapkan cara ini dapat menekan keinginan para lulusan SMP untuk memiliki pernikahan lebih dini. Dan hebatnya dengan metode jemput bola seperti ini dirasakan sangat ampuh dikalangan anak anak remaja, selain dapat ,menjadi ajang curhat , anak anak juga secara jelas mendapatkan gambaran bahwa pernikahan yang terlalu dini adalah salah satu hal dalam pilihan hidup yang harus dihindari, mengingat anak-anak masih memiliki masa depan yang panjang dan cerah, serta SMPN 14 Kota Surakarta akan terus mengawal kegiatan ini.

(dok smpn14ska Kegiatan PIK R Sosialisasi Pernikahan Dini)

(dok smpn14ska Duta PIK R dalam kegiatan sosialisasi)



Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget